-->

9 Tips Membuat Curiculum Vitae (CV) yang Baik dan Benar

Saat melamar sebuah pekerjaan, tentunya kita di haruskan membuat sebuah CV terlebih dahulu. CV atau Curiculum Vitae merupakan sebuah dokumen yang berisi Riwayat Hidup yang mencakup Data Pribadi, Riwayat Pendidikan, Riwayat Bekerja, dan juga aspek lain tergantung permintaan dari penyedia lowongan kerja.

Agar-di-terima

Kebanyakan orang hanya Copy Paste CV di internet saja, sehingga Lamaran yang di buat terkesan MONOTON dan tidak akan di lirik staff HDR atau siapapun yang membacanya.

Alhasil, sangat kecil kemungkinannya untuk lolos ke tahap Interview atau Wawancara. Sehingga Lowongan Kerja yang di idam - idamkan jadi hangus.

Untuk mengatasi masalah di atas, Chafa akan memberikan beberapa tips untuk anda, agar CV buatan anda dapat menarik perhatian sehingga anda di terima bekerja di tempat yang anda inginkan.

Simak Informasi Lengkapnya di Bawah Ini

Cara Membuat CV Agar Mudah Di Terima Bekerja


1. Hindari Format Lebay dan Over


Mungkin anda beefikir, dengan membuat CV dengan font yang kekinian atau menambahkannya dengan Kata Motivasi maka akan membuatnya jadi menarik, tapi itu salah.

Justru hal itu akan membuatnya jadi terkesan BERCANDA. anda pasti tau lah kalau CV itu bersifat Formal, maka jangan membuatnya jadi terkesan Non-Formal.

Justru dengan menambahkan item - item seperti yang saya sebutkan di atas malah akan membuat Ilfeel yang membacanya, cukup buat CV dengan Nama, Alamat, dan No. Telepon di bagian atas dengan Font yang berukuran besar dan Foto di bagian atas kiri, itu saja sudah cukup.

Tidak perlu di beri embel - embel Bingkai, Kata Motivasi, Atau Prinsip Hidup, yang nalah akan membuatnya seperti Pamflet atau Poster.

2. Gunakan Rumus Penulisan  " KISS "


Apa Itu KISS ? kiss yang saya maksud adalah " Keep It Short and Simple " , khususnya untuk riwayat pendidikan, agar tidak teelalu bertele - tele.

Misalnya saja anda aktif di bidang keorganisasian dan ektrakulikuler yang banyak sewaktu SMA dulu, lalu anda menuliskannya semua, hingga berjumlah Belasan bahkan Hingga Puluhan.

Awal niat ingin membuat terkesan, malah orang yang membaca CV kamu jadi malas dan menganggap CV kamu alay dan lebay.

3. Cukup Tulis Riwayat Pendidikan Terkini


Di dalam CV, tentu kita akan di suruh untuk menulis riwayat pendidikan kita. Namun, cukup tulis riwayat pendidikan trekini saja.

Anda tidak perlu mencantumkan riwayat pendidikan dari TK, SD, SMP. Jika anda merupakan lulusan D3 atau S1, cukup tulis riwayat pendidikan mulai SMA saja.

Jika anda lulusan SMK, cukup tulis SMK anda sulu dan riwayat tempat magang, itu sudah cukup.

4. Perhatikan Nama Perusahaan Tempat Melamar


Dalam point ke 4 ini, anda di haruskan menyebutkan nama perusahaan tempat anda melamar pekerjaan dengan sebaik mungkin.

Hindari kesalahan sekecil apapun, mulai dari kesalahan penulisan, Penggunaan Huruf besar dan kecil, atau Kalimat tempat anda menyebut nama perusahaan, haruslah kalimat yang baik dan formal.

Karena kesalahan sekecil apapun, akan sangat besar akibatnya, bisa saja anda membuat staff perusahaan teesebut tersinggung karena anda salah menuliskan nama perusahaan hingga lamaran anda di tolak.

5. Jika Memungkinkan Tulis Lamaran Dengan Bahasa Inggris


Kenapa bahasa inggris ? , karena dengan menggunakan bahasa inggris, anda akan di anggap lebih profesional dan berpengalaman sehingga anda akan mudah di terima bekerja.

Bahkan saat ini rata - rata perusahaan mengutamakan pegawai yang menguasai bahasa inggris.

Namun, hindari menggunakan Translate, karena hasil dari Translate, Grammarnya akan acak - acakan.

Ini hanya opsi tambahan, jika tidak bisa ya jangan di paksakan, karena perusahaan lebih mengutamakan hasil kerja dari pada hanya kemampuan sekunder atau opsional.

6. Tulis Spesifikasi Bidang Karier Yang Ingin Anda Geluti


Di dalam lamaran kerja, ada kolom yang bernama kolom " softskill ".

Di dalam kolom tersebut, tulis kemampuan yang kamu miliki. Namun, jangan berlebihan, cukup tulis saja kemampuan dan pengalaman kerja yang anda miliki yang berhubungan dengan bidang karier yang ingin anda geluti saja.

Karena dengan memasukkan keahlian yang ada hubungannya dengan suatu bidang, akan membuat anda terlihat lebih Potensional Untuk suatu bidang, hingga membuat anda mudah di terima.

7. Gunakan Font Yang Mudah di Baca


Dengan menggubakan Font yang mudah di baca dan nyaman di mata, tentunya akan membuat staff HRD yang membaca CV kamu akan betah membacanya sampai selesai.

Namun, ada hal yang perlu di perhatikan pula, yaitu ukuran font dalam CV. Jangan gunakan font yang terlalu kecil atau terlalu besar, cukup ukuran normal saja.

8. Perhatikan Foto Yang Ada Dalam CV


Jangan lupa perhatikan foto yang ada dalam CV lamaran kerja anda. Karena foto merupakan suatu identitas.

Buatlah foto yang semenarik mungkin, namun jangan dengan pose dan pakaian lebay.

Gunakan pose Formal dan pakaian seadanya saja, asalkan rapi dan sedikit senyuman pada foto agar terlihat menarik.

9. Jangan Tulis Hal Yang Bukan Fakta


Jangan pernah menulis sesuatu yang bukan fakta. Karena percaya atau tidak, saat interview apapun yang anda tulis akan di uji di sana.

Misalkan saja anda menulis bahwa anda ahli mengolah MS-word, maka di sana akan di uji keahlian anda dalam mengolah MS-word.

Untuk itu, tulislah apa saja yang anda kuasai, dan jangan menulis apa yang tidak bisa anda lakukan.

Akhir Kata


Itulah 9 Tips Membuat CV Agar Di Terima Bekerja versi Chafa. Dengan melakukan Tips - Tips di atas, akan memudahkan anda dalam di terima bekerja.

Intinya, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda, hingga anda akan senang dan terasa ringan dalam menjalaninya.

2 Responses to "9 Tips Membuat Curiculum Vitae (CV) yang Baik dan Benar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel